Cara Termudah untuk Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online


April 12, 2019

Cara Termudah untuk Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online. Sangat penting untuk mengetahui info kendaraan anda. Tetapi itu juga bisa dilakukan secara online tanpa harus mengeluarkan registrasi kendaraan dari dompet. 

Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online ini tentu akan berguna bagi Anda yang jarang menggunakan kendaraan pribadi untuk transportasi sehari-hari. Dengan meninggalkan mobil atau sepeda motor di rumah, pendaftaran kendaraan yang sering ditempatkan di dompet kunci mobil juga dibiarkan, bukan?

Apa yang terjadi jika Anda lupa untuk memeriksa registrasi kendaraan sampai Anda lupa membayar sebulan? Akibatnya, Anda akan didenda.

Metode pemeriksaan pajak ini juga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli kendaraan bekas. Ketika ditawari mobil atau motor dan Anda telah melihat nomornya, segera periksa pajak dengan cara ini. Jika tiba-tiba di kolom informasi itu bahkan tidak sesuai dengan mobil, berarti Anda harus curiga terhadap penjual.

Karena itu, mari gunakan teknologi untuk memeriksa pajak kendaraan kita sendiri dan apa yang ingin kita beli. Berikut adalah empat cara untuk memeriksa pajak kendaraan yang harus Anda ketahui.

Situs Samsat PKB

Dengan mengunjungi situs ini, Anda hanya perlu memasukkan nomor polisi di kendaraan pribadi Anda. Setelah itu, klik prosesnya, dan informasinya akan muncul.

Situs ini akan dijelaskan, apakah mobil Anda secara progresif dikenai pajak atau tidak. Anda juga dapat melihat jumlah dana yang harus Anda bayar untuk perpanjangan STNK berikutnya.

Aplikasi Cek Ranmor

Setelah menginstal aplikasi ini melalui Google Playstore, Anda akan diminta untuk masuk menggunakan akun Google. Kemudian Anda diminta untuk memasukkan nomor polisi mobil atau sepeda motor Anda disertai dengan nomor Kartu Identitas Nasional (KTP).

Bagaimana Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online?

Aplikasi ini juga langsung menampilkan data mobil Anda persis seperti yang ditampilkan di situs web Samsat. Hanya saja jika Anda tidak memasukkan nomor KTP Anda, maka nama pemilik dan info pajak progresif tidak akan keluar.

Untuk wilayah Jawa Timur, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi yang sama. Karena itu, pasang saja Java Timur E-SMART Samsat. Sedangkan untuk Sumatera Barat, Anda dapat mengunduh Samsat Mobile Prov. Membanggakan.

Bagaimana cara memeriksa pajak kendaraan di provinsi-provinsi tanpa layanan e-Samsat

Jika area tempat Anda membeli kendaraan berada di luar Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Tengah, agak sulit melakukannya secara online. Mau tidak mau, Anda harus melihat kendaraan pendaftaran kendaraan.

Tetapi Anda juga dapat melakukannya dengan pergi ke Samsat terdekat jika Anda lupa untuk mendaftarkan kendaraan. Jadi, jika kendaraan sering diparkir di rumah, akan lebih baik untuk menyimpan fotokopi pendaftaran kendaraan dan memasukkannya ke dalam dompet.

Itulah empat cara untuk memeriksa pajak kendaraan yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui tanggal jatuh tempo pajak, tidak ada lagi peristiwa lupa membayar pajak. Anda juga dapat menyiapkan uang di muka.

Oh ya, satu lagi. Selain bisa mendapatkan denda, membayar pajak terlambat juga dapat merugikan Anda jika Anda berniat menjual mobil. Harga jual mobil yang pajaknya mati pasti turun. Sangat buruk tentu saja jika Anda harus kehilangan kota saat menjual mobil. Jadi sangat penting untuk Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online.  Untuk mengetahui informasi lebih lanjut silahkan lihat di pajak kendaraan online.

Baca Juga :  Ini Rekomendasi Merek Knalpot Terbaik

Related