Sekolah Mengemudi: Cara Belajar Mobil Manual


April 4, 2019

Mempelajari berbagai cara belajar mobil manual tentu perlu dilakukan sebelum benar-benar membeli mobil jenis ini. Secara garis besar jenis mobil yang saat ini tersedia di pasaran dibedakan ke dalam dua jenis. pertama adalah mobil dengan transmisi manual yang sesuai namanya memang dibutuhkan pengoperasian gigi secara manual. Jenis kedua adalah mobil matik yang dibuat lebih otomatis, sehingga tersedia beberapa fitur atau tombol lebih banyak di dekat setir untuk kontrol ketika mobil melaju.

Setiap jenis mobil memang dipastikan memiliki kelebihan dan kekurangannya, namun tidak ada ruginya memilih mobil manual. Awalnya untuk bisa mengemudikan mobil bertransmisi manual ini terasa sulit karena banyak detail yang musti diotak-atik. Namun ketika mengikuti sekolah mengemudi yang tepat maka dijamin proses belajar tidak akan memakan waktu lama dan terasa lebih nyaman. tidak akan rugi mengikuti kursus menyetir mobil transmisi manual ini, karena memang mobil jenis ini dikenal tangguh sekaligus irit bahan bakar.

Dilihat dari segi harga dan biaya perawatan, mobil manual ini juga lebih unggul maka belajar mengemudikannya adalah investasi jangka panjang. Selain mengikuti kursus menyetir yang diadakan oleh sekolah mengemudi pastikan tahu pula teknik belajar mengemudi yang efektif. Sehingga keahlian ini lebih cepat dikuasai, dan tips berikut dirasa akan sangat membantu:

cara belajar mobil manual

  1. Kenali semua fitur untuk mengemudi dulu,

Kursus menyetir biasanya akan mengajari dari teknik dasar dan terus berlanjut sampai siswa mahir mengoperasikan mobil dengan sendirinya. Sebagai langkah awal untuk sampai ke titik mahir tersebut maka perlu mengenal dulu semua fitur mengemudi di dalam mobil manual yang digunakan. Hafalkan dan pahami fungsinya sekaligus penggunaannya sehingga ketika melajukan mobil tidak gagap lagi.

  1. Bedakan mana pedal gas dan pedal rem maupun kopling,

Setelah semua fitur di bagian mobil dikenal dan dipahami tata cara penggunaannya maka selanjutnya adalah membedakan pedal di bagian bawah. Umumnya mobil manual menyediakan tiga jenis pedal dengan bentuk berbeda dan fungsinya pun berlainan. Kenali pedal mana yang disebut kopling, rem, dan tentunya gas. Hindari belajar mengemudi memakai sepatu bertumit tinggi untuk memudahkan pengoperasian tiga jenis pedal tersebut.

  1. Usahakan rileks,

Belajar mengemudi memang di awal akan terasa menegangkan sebab sering di dera kekhawatiran akan jatuh, menubruk kendaraan lain, dan lain sebagainya. Sayangnya kekhawatiran atau ketakutan ini justru membuat proses belajar lebih lambat dan beresiko. Maka penting sekali untuk tetap rileks, cobalah untuk selalu tenang dan berpikir positif sehingga bisa lebih mudah belajar. Sekaligus membantu memahami instruksi dari pembimbing dengan lebih cepat. Proses belajar pun tidak akan memakan waktu lama.

  1. Belajar dulu di area yang mudah,

Belajar mengemudi akan terasa super sulit jika salah menentukan area berlatih, jadi jangan asal menentukan lokasi belajar. Mulailah dari area yang mudah dan bebas hambatan misal di tengah lapangan bola. Ketika sudah mulai fasih menguasai semua fitur mengemudi baru terjun ke jalan raya namun pilih yang datar dan lurus. Seiring berjalannya waktu kemampuan mengemudi di berbagai medan sulit akan terus meningkat asalkan mau rutin berlatih dan bersabar.

Baca Juga :  Harga Mobil Honda All New Brio

Mengemudi bisa menjadi solusi untuk bisa bepergian naik mobil seorang diri, dan berhemat ketika liburan karena tidak perlu menyewa mobil. Supaya lebih mudah dalam belajar mengemudikan mobil usahakan sekolah di tempat kursus terbaik.